Beranda > Uncategorized > Trigliserida: Mengapa mereka penting?

Trigliserida: Mengapa mereka penting?

Jika Anda telah mengawasi tekanan darah dan kadar kolesterol, ada sesuatu yang lain Anda mungkin perlu untuk memantau: yaitu trigliserida Anda. Trigliserida merupakan ukuran penting bagi kesehatan jantung. Inilah mengapa trigliserid penting – dan apa yang harus dilakukan jika trigliserid anda terlalu tinggi.
Memiliki tingkat tinggi trigliserida, sejenis lemak (lipid) dalam darah Anda, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, pilihan gaya hidup yang menjaga kesehatan secara keseluruhan dapat membantu menurunkan trigliserida Anda.
Apakah trigliserid? Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah Anda. Ketika Anda makan, tubuh Anda mengubah setiap kalori yang tidak diperlukan untuk diubah menjadi tenaga segera, ke dalam bentuk trigliserida. Trigliserida ini akan disimpan dalam sel-sel lemak Anda. Kemudian, hormon akan merilis trigliserida untuk energi antara waktu makan. Jika Anda secara teratur makan kalori lebih dari yang Anda bakar, terutama kalori yang “mudah” seperti karbohidrat dan lemak, Anda mungkin memiliki trigliserida tinggi (hipertrigliseridemia).

#Bagaimana trigliserida yang dianggap normal? Tes darah sederhana dapat mengungkapkan apakah trigliserid Anda jatuh ke dalam ukuran yang sehat.
■ Normal – Kurang dari 150 miligram per desiliter (mg / dL), atau kurang dari 1,7 milimol per L (mmol / L)
■ Borderline tinggi: 150-199 mg / dL (1,8-2,2 mmol / L)
■ Tinggi: 200-499 mg / dL (2,3-5,6 mmol / L)
■ Sangat tinggi: 500 mg / dL atau di atas (5,7 mmol / L atau di atas) Dokter biasanya akan memeriksa trigliserid tinggi sebagai bagian dari tes kolesterol (kadang-kadang disebut panel lemak atau lipid profile). Anda harus puasa selama 9 sampai 12 jam sebelum darah dapat diperiksa untuk pengukuran trigliserida yang akurat.

#Apakah perbedaan antara trigliserida dan kolesterol?
Trigliserida dan kolesterol merupakan jenis lemak terpisah yang beredar dalam darah Anda. Trigliserida adalah toko kalori yang tidak terpakai dan menyediakan tubuh Anda dengan pasokan energi, dan kolesterol digunakan untuk membangun sel dan hormon tertentu. Karena trigliserid dan kolesterol tidak dapat larut dalam darah, mereka beredar di seluruh tubuh dengan bantuan protein yang berperan dalam transportasi lipid (lipoprotein). Trigliserida merupakan ukuran penting bagi kesehatan jantung. Inilah mengapa trigliserid penting – dan apa yang harus dilakukan jika trigliserid anda terlalu tinggi. lemak Anda. Kemudian, hormon rilis trigliserida untuk energi antara waktu makan. Jika Anda secara teratur makan kalori lebih dari yang Anda bakar, terutama “mudah” kalori seperti karbohidrat dan lemak, Anda mungkin memiliki trigliserida tinggi (hipertrigliseridemia).

Mengapa trigliserida tinggi penting diketahui?
Meskipun tidak jelas bagaimana, trigliserid tinggi dapat berkontribusi untuk pengerasan arteri atau penebalan dinding arteri (aterosklerosis) -yang meningkatkan risiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung.Trigliserida tinggi sering merupakan tanda/kondisi lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke juga, termasuk obesitas dan SINDROM METABOLIK – sekelompok gejala pada tubuh kita yang meliputi terlalu banyak lemak di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, trigliserid tinggi, gula darah tinggi dan kadar kolesterol abnormal.
Terkadang trigliserid tinggi merupakan suatu tanda tipe 2 diabetes yang terkontrol buruk, rendahnya tingkat hormon tiroid (hipotiroidisme), gangguan hati atau penyakit ginjal, atau kondisi genetik langka yang mempengaruhi tubuh Anda mengubah lemak menjadi energi.
Trigliserida tinggi juga bisa menjadi efek samping dari minum obat seperti obat darah tinggi beta blockers, pil KB, diuretik, steroid atau obat kanker payudara tamoxifen.
Apa cara terbaik untuk mendapatkan kadar trigliserida lebih rendah?
Pilihan gaya hidup sehat adalah kunci nya!.

■Turunkan berat. Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan 2,5-5 kg dapat membantu menurunkan trigliserid Anda. Motivasilah diri anda dengan berfokus pada manfaat kehilangan berat badan, seperti lebih banyak energi dan peningkatan kesehatan.
■ Kurangi kembali intake kalori anda. Ingatlah bahwa kalori ekstra dikonversi menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Mengurangi kalori Anda akan mengurangi trigliserid.
■ Hindari makanan manis dan halus. Sederhana karbohidrat, seperti gula dan makanan yang terbuat dengan tepung putih, dapat meningkatkan trigliserida.
■ Batasi kolesterol dalam diet Anda. Batasi tidak lebih dari 300 miligram (mg) kolesterol per hari – atau kurang dari 200 mg jika Anda memiliki penyakit jantung. Hindari sumber-sumber yang paling terkonsentrasi kolesterol, termasuk daging tinggi lemak, kuning telur dan produk susu.
■ Pilih lemak sehat. Lemak jenuh ditemukan dalam daging, tetapi untuk sehat temukan lemak tidak jenuh yang ditemukan dalam tanaman, seperti zaitun, kacang tanah dan minyak canola. Gantilah dengan ikan yang tinggi asam lemak omega-3 – seperti makarel dan salmon – untuk daging merah.
■ Menghilangkan lemak trans. Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan goreng dan produk panggang komersial, seperti cookies, kerupuk dan kue-kue makanan ringan. Jangan percaya pada label kemasan yang mengklaim sebagai makanan bebas lemak trans. Di Amerika Serikat, jika makanan mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans per porsi, dapat diberi label bebas lemak trans. Meskipun tampaknya jumlah yang kecil, mereka dapat menambahkan dengan cepat jika Anda banyak makan makanan yang mengandung sejumlah kecil lemak trans. Sebaliknya, bacalah daftar bahan makanan sebelum membeli. Anda dapat mengetahui bahwa makanan tersebut memiliki lemak trans di dalamnya jika berisi sebagian minyak terhidrogenasi.
■ Batasi seberapa banyak Anda minum alkohol. Alkohol mengandung kalori yang tinggi dan gula serta memiliki pengaruh kuat terutama pada trigliserida. Bahkan sejumlah kecil alkohol bisa meningkatkan kadar trigliserida.
■ Latihan olah raga teratur. Target kan selama paling sedikit 30 menit aktivitas fisik pada sebagian besar atau seetiap hari dalam seminggu. Olahraga teratur dapat meningkatkan ” kolesterol baik” sambil menurunkan “ kolesterol buruk” dan trigliserida. Berjalan-jalan sehari-hari cepat, berenang lap atau bergabung dengan kelompok latihan. Jika Anda tidak punya waktu untuk latihan selama 30 menit, coba intensif kan latihan dalam 10 menit pada satu waktu. Lakukan jalan kaki ringan, naik tangga di tempat kerja, atau mencoba beberapa-duduk up atau push-up bila sedang Anda menonton televisi.
Ini juga penting untuk mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi jika Anda memiliki trigliserida tinggi dan salah satu dari kondisi ini.

Bagaimana dengan obat?
Jika perubahan gaya hidup sehat tidak cukup untuk mengendalikan trigliserid tinggi, dokter mungkin akan merekomendasikan obat yang dapat membantu Anda lebih lanjut menurunkan trigliserida. Biasanya, fokus terapi adalah untuk menurunkan tingkat tinggi “kolesterol buruk” (LDL kolesterol), sebelum menangani tingkat trigliserida tinggi. Obat untuk mengobati kolesterol tinggi meliputi:

■ Niacin. Niacin, kadang-kadang disebut nicotinic acid, dapat menurunkan trigliserida dan “kolesterol buruk Anda” (low-density lipoprotein atau  LDL kolesterol). Dokter dapat meresepkan suplemen niacin, seperti Niaspan. Jangan mengambil niacin over-the-counter/ tanpa resep dokter atau tanpa konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Niacin dapat berinteraksi dengan obat lainnya dan dapat menyebabkan efek samping berbahaya jika Anda overdosis.
■ Fibrate. Obat-obat fibrate, seperti fenofibrate (Lofibra, TriCor) dan gemfibrozil (Lopid), juga dapat menurunkan kadar trigliserida Anda.
■ Statin. Jika Anda juga memiliki high-density lipoprotein rendah (HDL, atau “kolesterol baik”) atau kolesterol lipoprotein low-density tinggi (LDL, atau ” kolesterol buruk”), dokter akan meresepkan penurun kolesterol statin atau kombinasi dari statin dan niacin atau fibrates. Karena risiko efek samping dari statin, pastikan untuk memberitahu dokter jika Anda mengalami nyeri otot, mual, diare atau sembelit.
■ Omega-3 asam lemak suplemen. Omega-3 fatty acid suplemen dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Anda dapat mengambil suplemen over-the-counter, atau dokter mungkin meresepkan Lovaza, sebuah resep omega-3 suplemen asam lemak, sebagai cara untuk menurunkan trigliserida Anda. Lovaza bisa diambil dengan lain obat penurun kolesterol seperti statin. Jika Anda memilih untuk mengambil suplemen over-the-counter, dapatkan persetujuan dari dokter Anda. Suplemen Omega-3 asam lemak dapat mempengaruhi obat-obatan lain yang Anda minum.
Jika dokter meresepkan obat untuk menurunkan trigliserida Anda, minumlah obat yang diresepkan. Dan mengingat pentingnya perubahan gaya hidup sehat yang Anda buat. Pengobatan dapat membantu – tetapi hal gaya hidup juga penting.
( dikutip dari MAYO CLINIC )

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar